cara menyembunyikan file di laptop dengan password



kembali bersama kita belajar disini, postingan kita kali ini akan mempelajari cara menyembunyikan file di laptop dengan password materi sebelumnya membahas mengenai cara menyembunyikan file di laptop cara yang kita berikan tersebut merupakan cara yang simple dan mudah untuk dibuka kembali.





Nah disini akan kita pelajari dua cara untuk menyembunyikan file dan foldernya ya, dengan menggunakan notepad dan menggunankan winRAR dan kita beri password, yuk simak langkah - langkahnya;





Untuk langkah atau cara menyembunyikan file di laptop dengan password menggunakan notepad ya, Langkah pertama tentu saja silahkan buka notepad di laptop anda, biasanya notepad letaknya dibagian aksesoris setelah terbuka silahkan copy script dibawah lalu pastekan di notepad yang telah dibuka tadi.



cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private "HTG Locker"
attrib +h +s "HTG Locker"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== gantipassword goto FAIL
attrib -h -s "HTG Locker"
ren "HTG Locker" Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End



Ubah kata "gantipassword" atau kata yang berwarna biru diatas dengan password kamu, kita coba password nya dengan kata "test" agar mudah di ingat dan nantinya kita mengetiknya di masukkan password tidaklah terlalu panjang karena harus diketik tidak bisa di copas, Kemudian simpan dengan ekstensi .bat dibelakang nama file dan jangan lupa untuk mengubah Save as type menjadi All files silahkan perhatikan gambar berikut;





Setelah kamu menyimpan file tersebut maka akan muncul file berbentuk file batch jalankan dengan cara double klik maka akan muncul folder bernama "Private"





Lalu masukkan file dan folder yang ingin kita sembunyikan ke folder bernama "Private" lalu jalankan lagi test.bat nya dengan cara double klik lalu muncul modelnya seperti cmd, nantinya kita ditanya apakah akan mengaktifkan silahkan jawab saja "ya" lalu tekan enter untuk mengaktifkannya.






Lalu setelah diaktifkan foldernya akan berubah menjadi agak gelap dan berubah nama menjadi "HTG Locker" lalu sembunyikan folder itu seperti langkah kita di postingan sebelumnya ya dengan mengaktifkan hidden nya lalu pergi ke organize dan ke folder option lalu pilih view dan terakhir sembunyikan dengan cara pilih "Don't show this folder".

Lalu cara mengembalikannya mudah saja tinggal kembalikan file nya lalu pilih yang "show this folder" setelah tampil kembali silahkan aktifkan kembali test.bat dengan cara klik dua kali lalu isikan passwordnya dan kembali lagi foldernya bernama "Private".






Kita ke langkah selanjutnya menyembunyikan file dan folder yang benar - benar aman yaitu menggunankan winRAR dengan password.




Silahkan tentukan dulu file dan folder yang ingin di simpan atau disembunyikan



lalu klik kanan dan pilih "add to archive..." silahkan beri nama di kolom archive name lalu pilih "set password" untuk menentukan passwordmu. Oea jika kamu belum punya winRAR bisa ke filehippo ya bagi kalian yang masih bingung filehippo itu apa bisa lihat dipostingan saya yang sebelumnya "cara menyembunyikan file dengan mudah" silahkan disimak saja.



Jika sudah kita beri nama passwordnya "test" saja, lalu silahkan setting seperti gambar diatas atau bisa kalian utak atik sendiri ya lalu klik ok.



Setelah di klik ok baru winRAR akan berjalan untuk menyatukan file dan foldernya, ini membutuhkan waktu tergantung banyaknya file dan folder yang kalian eksekusi, jika proses selesai akan muncul di folder yang telah kalian simpan tadi berbentuk gambar seperti diatas.



Setelah di folder tempat kalian menyimpan hasil winRAR tadi berarti ekstrak nya sudah selesai, sekarang waktunya untuk mengetest apakah berhasil atau tidak, jika kalian melihat gambar diatas itu adalah waktu dimana kita mengklik salah satu file yang ada dan hasilnya tidak bisa dibuka dan harus memasukkan password yang tadi jadi jangan lupa ya password yang kita masukkan tadi "test" silahkan masukkan passwordnya dan kita bisa membuka file juga bisa mengekstraknya dan mengembalikan lagi file dan juga foldernya ya.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...