pengertian cara membuat email

pengertian cara membuat email



Kita coba bahas mengenai pengertian cara membuat email yang saat ini populer dengan nama produk dari yahoo atau y-mail dan juga produk dari google yaitu g-mail.

Sebenarnya masih banyak layanan email di luar produk yahoo dan google, tapi yang paling banyak digunakan dan paling mudah menggunakan layanan dari kedua produk ini.

Sebelum kita membahas pengertian cara membuat email ada baiknya kita harus mengerti apa itu email, email itu adalah semacam surat tetapi bukan seperti surat yang biasa diantar pak pos ke rumah melainkan surat yang kita dapat melalui internet, gunanya email juga macam-macam bisa dibuat untuk tugas kantor, bisa juga untuk bisnis, dan juga untuk alat konfirmasi seperti kita mendaftar di facebook, kita harus memasukkan alamat email kita dan mengkonfirmasi nya lewat email kita, nah selengkapnya bisa kita bahas dibawah ini.

Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.

Kalau sudah paham mengenai email, mari kita belajar membuatnya dengan menggunakan kedua layanan dari produk yahoo dan google;

Pertama kita akan membahas mengenai pengertian cara membuat email menggunakan produk layanan dari yahoo, langkah pertama kita buka web browser kesayangan kita seperti mozilla, google chrome atau yang lainnya lalu ketikkan alamat nya yaitu yahoo dot com dan akan masuk ke halaman utama dari yahoo, lalu lihat di sebelah kanan dari halaman tersebut ada menu sign in jika kita sudah mempunyai akun di yahoo, kita tinggal memasukkan alamat email yahoo kita beserta passwordnya, tetapi jika kita masih baru mau buat akun yahoo nya kita ikuti langkah berikut ini.

Lihat sebelah kanan dari halaman utama yahoo, ada tombol sign in dan mail silahkan klik salah satu tombol tersebut

pengertian cara membuat email

Setelah di klik akan muncul halaman sign in untuk masuk ke layanan produk yahoo, jika kita belum punya atau belum daftar bisa klik tombol "Daftar untuk account baru" letaknya di sebelah bawah dari form sign in, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.

pengertian cara membuat email

Setelah itu akan muncul form pendaftaran, silahkan di isi semua kotak pertanyaan form nya dan siapkan nomer hp yang digunakan untuk konfirmasi, jika sudah semua di isi klik tombol "Buat account" tombol berwarna biru.

pengertian cara membuat email

Jika membuat akun di yahoo sudah bisa mari kita lanjutkan membuat akun email di gmail, pertama mari kita ketikkan gmail dot com di alamat browser, lalu klik "Create an account" di bawah form login.



Anda akan masuk ke halaman pengisian data, silahkan isi formulir pendaftaran sesuai data pribadi anda..
  • Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.
  • Pilih nama pengguna anda : Isikan alamat email yang anda inginkan (nama email harus belum digunakan orang lain).
  • Buat sandi : Isi dengan password yang anda ingikan.
  • Konfirmasi sandi anda : Masukkan ulang password anda.
  • Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal lahir anda.
  • Gender : Pilih jenis kelamin anda.
  • Ponsel : Isikan dengan nomor telepon anda.
  • Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika ada). Bisa anda kosongi.
  • Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat anda tinggal.
Centang dua persyaratan dari google tersebut lalu klik tombol "langkah berikutnya".

Setelah anda mengisi formulir pendaftaran, anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun, klik Lanjutkan.


pengertian cara membuat email

Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh google secara otomatis ke nomor telepon yang anda isikan tadi. Kemudian masukkan angka verifikasi ke dalam kotak yang tersedia. Jika sudah, silahkan klik "verifikasi".


pengertian cara membuat email

Anda akan dibawa ke halaman Profil, langkah selanjutnya adalah menambahkan foto profil. Jika anda sudah punya silahkan ditambahkan dengan mengklik "Menambahkan Foto Profil". Jika sudah, klik saja Langkah berikutnya.


pengertian cara membuat email

Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, akan ada ucapan sambutan dari Google. Klik Lanjutkan ke Gmail.

pengertian cara membuat email

Anda akan langsung dibawa ke halaman muka Gmail. Google akan langsung memberikan 4 pesan ke inbox email anda.

pengertian cara membuat email

Demikian kedua pengertian cara membuat email baik email melalui yahoo mail dan google mail, jika belum jelas kita telah membuat video dan bisa di lihat di bawah ini.



Silahkan di download materi ini dalam bentuk pdf, silahkan klik pengertian cara membuat email untuk mendapatkan file nya, jangan lupa klik tombol share dibawah ini.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...